Sinarto Terpilih Kembali sebagai Ketua AMAN Paer Daya Lombok Utara untuk Periode 2024-2029

Ketua PW AMAN NTB, Lalu Prima Wira Putra, menyerahkan bendera organisasi kepada ketua terpilih, Sinarto saat pengukuhan pengurus Daerah AMAN Paer Daya, di Desa Salut, Kayangan. Sabtu 3 Agustus 2024.

AMAN NTB, Lombok Utara – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Paer Daya Lombok Utara sukses melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke-V di Komunitas Masyarakat Adat Salut, Kecamatan Kayangan. Acara ini menjadi momentum penting bagi komunitas masyarakat adat Lombok Utara untuk memperkuat solidaritas dan membahas berbagai isu strategis. Sabtu, 3 Agustus 2024.

Dalam Musda organisasi AMAN, dua unsur struktur Pengurus Daerah (PD) AMAN, yaitu Dewan dan Ketua Pelaksana Harian (PH), dipilih melalui proses musyawarah.

Berdasarkan hasil keputusan musyawarah, lima orang terpilih sebagai Dewan AMAN yaitu Raden Apriadi sebagai Ketua Dewan, Sapniwati sebagai Sekretaris, serta anggota Jumaya, Risdiani, dan Abidin.

Ketua AMAN NTB, Lalu Prima Wira Putra, menekankan pentingnya Musda sebagai wadah untuk memperkokoh peran masyarakat adat dalam menjaga dan melestarikan budaya serta hak-hak adat. “Musyawarah Daerah ini bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga merupakan ajang untuk memperkuat komitmen kita dalam mempertahankan kearifan lokal dan memperjuangkan hak-hak masyarakat adat,” ujarnya.

Baca juga : AMAN Lombok Barat Serukan Perlindungan Wilayah Adat di Komunitas Madayin Badrain

Berbagai isu penting dibahas dalam Musda ini, termasuk perlindungan terhadap wilayah adat, pengembangan ekonomi berbasis kearifan lokal, serta peningkatan akses pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat adat. Selain itu, para peserta juga mendiskusikan upaya untuk menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin berdampak pada kehidupan masyarakat adat.

Kepala Desa Salut, Bahruddin, dalam sambutannya menyatakan bahwa komunitas Salut masih memegang teguh kearifan lokal yang menjadi warisan leluhur di wilayahnya. “Kita di sini menjalankan tradisi secara turun temurun serta melestarikan budaya sebagai wujud keberadaan masyarakat adat di Desa Salut ini,” ujarnya.

Musda ditutup dengan pemilihan pengurus baru AMAN Paer Daya untuk periode 2024-2029. Sinarto kembali terpilih untuk kedua kalinya sebagai Ketua Pelaksana Harian Daerah (PHD) AMAN Paer Daya Lombok Utara. Sinarto menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan untuk kembali memimpin PD AMAN dan menyatakan komitmennya untuk melanjutkan perjuangan masyarakat adat di Lombok Utara.

“Saya ucapkan terima kasih telah memberikan kepercayaan pada saya untuk kembali memimpin PD AMAN. Kami masih punya banyak pekerjaan dalam agenda perjuangan masyarakat adat di Lombok Utara yang saat ini tengah kita jalankan,” ucap Sinarto setelah dikukuhkan oleh Ketua PW AMAN NTB pada Sabtu, 3 Agustus 2024.

Dengan dukungan penuh dari seluruh peserta Musda, Sinarto menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan hak-hak masyarakat adat dan memastikan program-program yang telah disusun dapat berjalan dengan baik. Kesuksesan penyelenggaraan Musda ke-V ini diharapkan membuat AMAN Paer Daya Lombok Utara semakin solid dan mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan, serta terus berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan budaya dan kearifan lokal. ***

5 thoughts on “Sinarto Terpilih Kembali sebagai Ketua AMAN Paer Daya Lombok Utara untuk Periode 2024-2029

  1. Selamat buat bapak Sinarto atas terpilihnya kembali menjadi ketua PD AMAN Kabupaten Lombok Utara
    Dan selamat menjalankan tugas dengan penuh semangat 💪💪

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *