PD. Aman Sembalun Bentuk Perempuan Aman

Menjalankan mandat AD/ART AMAN, PD Aman Sembalun membentuk kepengurusan Perempuan Aman ditingkat daerah, Minggu 3 Februari 2019.

“Robiul Izzati telah terpilih menjadi Ketua Perempuan Aman PD. Aman Sembalun lima tahun kedepan.Dengan terbentunya pengurus ini diharapkan bisa terjalin hubungan yang kuat antara semua pengurus keorganisasian. Disisi lain PEREMPUAN AMAN dapat memperkuat Kepemimpinan Perempuan Adat untuk untuk mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender”.

PEREMPUAN AMAN merupakan wadah perjuangan perempuan adat nusantara yang menghadapi beragam kekerasan, pengabaian atas pengetahuan, identitas dan perannya dalam pengambilan keputusan serta perampasan wilayah adat. Melalui organisasi  perempuan adat di seluruh nusantara dihajatkan dapat memperjuangkan hak-hak dan identitasnya untuk mewujudkan perempuan adat yang berdaulat atas dirinya, kehidupan dan ruang hidupnya.

Gerakan yang memperlihatkan bahwa sejak awal mula berdirinya bangsa ini, laki-laki dan perempuan memiliki kontribusi yang sama. Organisasi perempuan terlibat aktif dalam merintis Indonesia Merdeka,”

Organisasi perempuan adat bukanlah pemberian, melainkan hasil perjuangan. Bahkan ketika PEREMPUAN AMAN baru terbentuk masih banyak penolakan dari beragam kalangan. Meskipun demikian organisasi sayap AMAN ini terlihat makin kuat ke depannya.

Saat ini terdapat 18 wilayah pengorganisasian PEREMPUAN AMAN dan 20 Wilayah pengorganisasian telah disahkan pada RAKERNAS III. Sebanyak 1650 perempuan adat telah terkonsolidasi dalam wilayah pengorganisasian. Jika 195 wilayah terkonsolidasi maka anggota PEREMPUAN AMAN akan mencapai 5600 perempuan adat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *