Perkuat Kapasitas Komunitas Masyarakat Adat, PW AMAN NTB Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan

Pelatihan Manajemen Keuangan di Batulayar, Sabtu, 16/1/2021

MATARAM, NTB.AMAN.OR.ID – Pengurus Wilayah (PW) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan pelatihan Manajemen Keuangan yang diikuti oleh seluruh Staf keuangan utusan masing-masing Pengurus Daerah (PD).

Kegiatan tersebut merupakan Program kerja bersama AMAN-PW AMAN NTB berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 15-17 Januari 2021 di Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Pelatihan tersebut diselenggarakan untuk penguatan dan peningkatan kapasitas komunitas Masyarakat Adat dalam pengelolaan dan pelayanan keuangan serta penggunaan software keuangan accurate.

“ Ini akan memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan keuangan di PD masing-masing. Metode kegiatan pelatihan keuangan ini lebih bersifat diskusi dan saling memperkaya pengalaman masing-masing pengelola keuangan pengurus wilayah AMAN dalam hal pengelolaan keuangan di Organisasi masing-masing daerah.” Kata Lalu Prima Wira Putra, Ketua BPH PW AMAN NTB, Sabtu, 16 Januari 2021.

Baca juga : Masyarakat Adat Bukanlah Objek Tontonan Kepentingan Kepariwisataan

Tidak hanya itu, lanjutnya, kegiatan itu juga untuk memantapkan dan pemahaman serta meningkatkan kaspasitas dalam pengelolaan keuangan organisasi di semua komunitas. Sehingga menurutnya,tidak kesulitan dalam membuat laporan keuangan dalam mempertangunggjawabkan penggunaan dana organisasi.

Lebih jauh Lalu Prima memaparkan bahwa Masyarakat Adat merupakan yang mesti mempertahankan kearifan lokal, namun bukan berarti tidak berfikir modern.

“ Mereka ini merupakan Masyarakat Adat yang memelihara kearifan lokalnya dengan perspektif kemoderenan dengan manajemen dan teknologi, itulah Masyarakat Adat yang kita maksud kedepan,” papar Prima Wira Putra. (rji)

One thought on “Perkuat Kapasitas Komunitas Masyarakat Adat, PW AMAN NTB Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *