Rehabilitasi Wilayah Adat, PB AMAN Salurkan Ratusan Bibit Pohon

Biro OKK PW AMAN NTB menyerahkan bibit Pohon kepada Komunitas Masyarakat Adat didampingi Pengurus AMAN Lombok Barat.
Biro OKK PW AMAN NTB, Abdul Majid menyerahkan bibit Pohon kepada Komunitas Masyarakat Adat Mondok didampingi Pengurus AMAN Lombok Barat.

AMAN NTB – Pengurus Besar (PB) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) melalui Pengurus Daerah (PD) AMAN Lombok Barat (Lobar) menyalurkan ratusan bibit pohon untuk Komunitas Adat Mondok, Desa Gelangsar, pada Senin (17/7/2023).

Penyaluran bibit pohon ini dalam rangka rehabilitasi wilayah masyarakat adat. Terdapat Tiga jenis bibit yang disalurkan mulai dari bibit Durian, Manggis, dan Rambutan.

Terdapat dua kegiatan dalam rehabilitasi wilayah adat ini, pertama penyaluran bibit sebanyak 250 bibit. Kedua, pengelolaan balai bibit oleh komunitas adat sebanyak 3000 bibit.

Baca Juga : AMAN Lombok Tengah Gelar Renstra dan Rakerda Tahun 2023, Ini Poin Usulan Program Kerjanya

Dalam sambutannya Ketua Pengurus Wilayah (PW) AMAN Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diwakili oleh Biro Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi (OKK), Abdul Majid menyampaikan ini merupakan salah satu program yang ada di AMAN untuk mendukung komunitas yang ada.

“Jadi bagaimanapun kondisi Komunitas meski sempat mengalami banjir, gempa, hingga longsor harus tetap kita dukung,” ucap Abdul Majid.

Abdul Majid menambahkan masih banyak yang perlu dilakukan dalam berkomunitas. Memulai sesuatu tidak akan mudah karena bisa sering menuai cibiran.

“Jangan lihat dari besar kecilnya, lebih atau kurangnya, yang terpenting itu adalah memulai meski itu berat,” ucap Abdul Majid.

Abdul Majid berharap dengan adanya pemberian bibit buah ini bisa membuka peluang masyarakat adat untuk mendirikan usaha.

Baca jugaRaperda Masyarakat Adat NTB yang dinanti-nanti kini telah disetujui DPR

“Semoga kedepannya disini bisa lahir Badan Usaha Masyarakat Adat (BUMA),” tandas Abdul Majid.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah (PD) AMAN Lobar, Lalu Safwan menyampaikan bahwa program ini merupakan program yang pernah diajukan ke PB AMAN. Program ini untuk rehabilitasi wilayah adat.

“Bibit ini disalurkan untuk rehabilitasi wilayah adat, penguatan tanah, hasil buahnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Safwan.

Lebih lanjut, Safwan berharap agar program ini bisa bermanfaat, berkelanjutan, dan dapat memberi kontribusi bagi komunitas.

“Semoga program ini bisa bermanfaat dan memberikan kontribusi bagi komunitas,” pungkas Safwan.

Qurratul Aini salah satu anggota dari Komunitas Mondok mengucapkan terima kasih atas pemberian bibit yang diberikan oleh PB AMAN.

“Kami mengucapkan terima kasih, semoga bibitnya tumbuh dengan baik dan memberi hasil yang bagus,” ujar Qurratul Aini.

Adapun dari program ini menerapkan sistem bagi hasil yang diperuntukkan untuk pengembangan komunitas serta program yang dijalankan. (Ihsan)

Penulis : Jurnalis Masyarakat Adat Lombok Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *