Pertemuan Daerah, Pembentukan Pengurus BPAN

Peserta Pertemuan Daerah BPAN Lombok Tengah

LOMBOK TENGAH, NTB. AMAN.OR.ID – Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar Pertemuan Daerah di Rumah AMAN Jelantik, Kabupaten Lombok Tengah, Ahad, 17 Januari 2021.

Pertemuan daerah itu diselenggarakan dalam rangka deklarasi pembentukan Pengurus Daerah BPAN.

” Ini untuk membantu gerakan masyarakat adat sesuai anggaran dasar organisasi aman dan ikut membela hak masyarakat adat, dan melakukan pemetaan partisipatif, ” kata Lalu Kesumajayadi, Dewan Pemuda Adat Region Balinusra.

Bahkan BPAN juga ikut melakukan inisiasi dalam pembentukan Sekolah Adat.

Sedangkan BPAN yang sudah terbentuk saat ini, Mataram, Lombok Barat, Sembalun, Bima dan berdasarkan statuta, AD/ART menyusul Lombok Tengah yang baru saja terbentuk untuk Periode 2021-2024.

Pembacaan Janji sekaligus Deklarasi pembentukan Pengurus Daerah BPAN Lombok Tengah

BPAN merupakan organisasi sayap Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

Baca juga : Masyarakat Adat Bukanlah Objek Tontonan Kepentingan Kepariwisataan

Dalam waktu dekat BPAN akan melakukan pendidikan kader, workshop pemetaan wilayah adat dan penggalian data komunitas atau menelusuri jejak leluhur.

” Berharap Gerakan harus lebih masif karena sejauh ini belum maksimal mengorganisir anggota kita, sehingga penting untuk perkuat hingga ke pengurus kampung.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Harian AMAN Wilayah NTB, Lalu Prima Wira Putra mengatakan, Pemuda adalah generasi penerus dan menjadi terdepan dalam upaya melakukan penyelesaian permasalahan yang ada di tengah Masyarakat Adat.

” Kita ini organisasi kader, tentu membutuhkan daya yang kuat karena tantangan kedepan akan semakin berat dan tidak mudah. Kita harus punya pengetahuan yang beragam dan Pemuda Adat harus bisa memberikan pemahaman arah perjuangan AMAN kepada siapapun yang merasa senaib sepenangungan.” Pungkasnya. (Rji)

2 thoughts on “Pertemuan Daerah, Pembentukan Pengurus BPAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *